Home » cara mudah pasang karpet tile

cara mudah pasang karpet tile

  • by

Cara mudah pasang Karpet Tile – Karpet tile merupakan karpet berbentuk persegi dengan ukuran rata-rata 50cm x 50cm, 61cm x 61cm dan 100cm x 100cm. Motifnya yang beragam dengan warna yang bermacam-macam pula membuat karpet tile mudah dikreasikan.

Untuk itu Anda bisa mengaturnya sesuai dengan karakter rumah dan pribadi Anda. Cara memasang karpet tile berbeda dengan cara pemasangan karpet roll yang harus menggunakan lapisan underlayer karena karpet tile telah memilikinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, jika Anda ingin mencoba memasangnya sendiri di rumah, berikut cara memasang karpet tile yang bisa Anda ikuti.

pasang karpet tile

Ada beberapa cara memasang karpet tile yakni dengan cara dilem menggunakan lem khusus dan tidak menggunakan lem. Penggunaan lem digunakan pada karpet tile yang dipasang tidak pada seluruh bagian lantai.

Hanya di bagian-bagian tertentu saja, sehingga memungkinkan karpet tile tidak bergerak berubah posisi. Selain perbedaan penggunaan lem atau tidak, cara memasang karpet tile secara keseluruhan adalah sebagai berikut.

CARA MEMASANG KARPET TILE

  • Periksa keadaan lantai. Karpet tile hendaknya terpasang pada lantai dengan kondisi yang baik. Tidak retak, rata, bersih dan kering. Jika Anda menemukan lantainya retak, maka sebaiknya Anda tambal terlebih dahulu kemudian aplikasikan screed perata lantai sehingga terdapat lantai yang halus dan rata. Hal ini juga bisa Anda pakai pada lantai beton dengan permukaan bergelombang. Perhatikan juga kebersihan lantai dan pastikan tidak ada kelembaban yang bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur. Pemasangan karpet tile hendaknya setelah prosesi pembangunan telah selesai 100 persen agar tidak mengganggu pemasangan karpet dan mengotorinya.
  • Cara memasang karpet tile selanjutnya adalah menentukan pola karpet. Hal ini penting agar desain bentuk karpet yang Anda inginkan sesuai dengan bayangan Anda, tidak berantakan. Anda bisa memasang selotip sebagai tanda pemasangan. Tentu saja Anda harus mengukurnya sehingga Anda mendapatkan posisi yang tepat. Anda juga bisa langsung memasang seluruh karpet tile ke bagian lantai, jangan anda lem terlebih dahulu. Usahakan Anda menemukan pola yang paling tepat menurut Anda. Cara memasang karpet tile pada bagian pinggir perlu Anda perhatikan bahwasanya jika Anda mendapatkan karpet yang berlebih, hendaknya gunakan cutter yang tajam agar tidak merusak permukaan karpet. Jangan lupa untuk membaliknya agar memudahkan pemotongan.

Karpet tile merupakan salah satu jenis karpet untuk menutup sebuah ruangan. Biasanya, karpet tile digunakan pada tempat-tempat yang cukup mewah. Seperti perkantoran, apartemen, villa, hingga tempat tinggal pribadi.

Seperti telah kita ketahui, karpet tile sendiri mempunyai ukuran material seperti pada umumnya. Yaitu memiliki tiga macam ukuran, mulai dari 250×750, 500×500, dan 250×1000. Sehingga, ukuran tersebut lebih sering tergunakan pada lantai area perkantoran. Apabila kesulitan dalam pemasangannya, tukang pasang karpet tile juga siap membantu.

Kemudian secara umum, karpet tile sendiri dari jenis sisi materialnya dan metode konstruksinya. Karpet tile, dari sisi materialnya terbuat dari benang yang berbahan dari wol, polypropylene, nylon atau polyamide. Sedangkan dari metode konstruksinya, karpet tersebut terdiri dari jenis loop pile, cut pile, dan Shaggy.

Berikut Cara Pemasangan Karpet :

Ketika memasang karpet tile, anda harus memiliki lem khusus. Namun jika anda tidak memiliki lem, biasanya akan langsung terpasang pada atas permukaan lantai tanpa menggunakan lapisan underlayer seperti pada karpet roll. Tukang pasang karpet tile juga memiliki sejumlah hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasang karpet tile. yaitu :

  • Pada permukaan lantai beton harus melakukan screed perata lantai dan acian dalam mendapatkan permukaan yang datar serta halus.
  • Apabila karpet tersebut anda gunakan untuk lantai dasar atau basement, anda harus memastikan bahwa tidak ada kelembaban pada permukaan lantai.
  • Kemudian, lokasi pemasangan karpet harus kering, bersih, dan tidak ada gangguan pekerjaan lain.
  • Pemasangan karpet tile sendiri dilakukan setelah semua pekerjaan selesai. Kemudian baru setelah itu penempatan furniture.

Sementara itu, perawatan karpet tile pada lantai secara umum cukup mudah. Anda cukup menggunakan vacuum cleaner secara teratur dalam membersihkan debu serta kotoran yang menempel. Apabila karpet tile terkena kotoran, maka anda harus langsung membersihkannya supaya tidak menyebar.

Kemudian apabila ada cairan yang tumpah, anda juga harus mengeringkannya dengan lap yang bisa menyerap air. Anda bisa juga melepasnya dan kemudian anda bersihkan menggunakan deterjen, sikat, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Setelah kering, baru anda pasang kembali. Biasanya, tukang pasang karpet tile juga akan menawarkan perawatan karpet.

Nah, bagi Anda yang ingin memasang karpet tile, dan membutuhkan jasa pasang, jangan khawatir lagi. Karena bakul karpet sekarang sudah ada layanan jasa pasang karpet

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil pola karpet tile yang sesuai dengan yang Anda perkirakan. Selamat mencoba.